Scroll untuk melanjutkan membaca
8 Cara membuat server vpn pada windows 10

8 Cara membuat server vpn pada windows 10

VPS Indonesia

Cara membuat server vpn pada windows 10 | VPN (Virtual Private Network) merupakan teknologi yang berfungsi untuk membuat koneksi aman dan terenkripsi melalui jaringan publik, seperti internet. Dengan menggunakan VPN, para pengguna dapat melakukan saluran komunikasi pribadi antara pengguna dan server VPN, yang mengarahkan semua lalu lintas internet melalui saluran tersebut.

Selain itu, keuntungan menggunakan VPN yaitu pengguna dapat meningkatkan keamanan saat online ( Ini melindungi pengguna dari ancaman seperti peretas dan penyadap yang mencoba mencuri informasi pribadi ) dan melindungi privasi (pengguna dapat menyembunyikan alamat IP mereka dan menggantinya dengan alamat IP server VPN ). 

Secara Singkat, cara kerja VPN yaitu dengan mengalihkan website tujuanmu ke server VPN, Kemudian tugas server VPN yaitu meneruskan permintaan ke server tujuan tersebut. Sehingga, akses kamu pun akan lebih aman sebab terkoneksi dengan jaringan privat.

Dalam membuat vpn, saat ini windows 10 telah memiliki kemampuan built-in yang dapat berfungsi dan bisa digunakan sebagai server VPN. Namun banyak orang yang belum tahu karena Fitur ini memang tersembunyi. Maka dalam tulisan artikel ini saya akan berbagi cara membuat server VPN di komputer Windows 10 tanpa menginstall software tambahan. 

Adapun Jenis VPN server yang dapat di buat di Windows 10 adalah tipe PPTP (Protokol Tunneling point-to-point). Menggunakan cara ini tentunya memiliki tingkat kesulitan sedang meskipun fiturnya tersembunyi. sayaakan memandu anda agar dapat menemukan dan mengatur sampai and dapat menggunakan VPN pada komputer Windows 10 anda.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Penggunaan VPN Windows 10

terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum anda mulai menggunakan VPN yang di buat pada komputer WIndows 10 yaitu:

  1. Anda akan menemui beberapa kesulitan dalam melakukan setup VPN di Windows 10, itu disebabkan adanya pembaruan Windows.
  2. Terkadang sering mengalami Kegagalan dalam proses akses routing dan saat remote akses server VPN,
  3. Jaringan yang kurang stabil dan bermasalah, 
  4. Spesifikasi komputer yang tidak mendukung sehingga anda harus memastikan hal ini sebelum memulainya,
  5. komputer Win 10 harus standbay 24 jam nonstop, sehingga hal tersebut Pasti akan mengkonsumsi daya listrik yang besar,
  6. Komputer Server yang anda pakai haruslah terbebas dan bersih dari virus, malware karena dapat menginfeksi setiap yang terhubung ke VPN.

Cara membuat server vpn pada windows 10

Setelah mengetahui beberapa hal tersebut dan anda sudah memutuskan untuk membuat VPN di komputerwindows 10, maka anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini :

1. Hubungkan komputer anda ke jaringan internet

Pastikan bahwa anda memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil.

2. Buka jendela “Network Connections”.

Pada Windows 10 silakan anda buka jendela “RUN” melalui search di kolom pencarian. Setelah itu ketikkan perintah “ncpa.cpl” kemudian kilk Ok atau tekan “Enter”.

3. buat New Incoming Connection

selanjutnya anda harus buat new incoming connections dengan mengklik “File” kemudian pilih dan klik “New Incoming Connections”. Agar menu – menu tampil maka tekan “Alt” terlebih dahulu di Keyboard.

4. buat User dan password Server VPN

Sebaiknya terlebih dahulu anda mengamankan akun administrator dan juga user yang ada pada Windows, yaitu dengan cara membuat akun baru. Selanjutnya untuk membuat user VPN, silakan klik “Add Someone” pada layar monitor, kemudian isi sesuai perintah, ( mengisi User, Full Name, Password ). 

Sebaiknya anda menggunakan password yang kuat dan tidak mudah di tebak oleh para hacker. Jika sudah mengisi data yang diperlukan,Setelah itu klik “OK” kemudian “Next”. Maka anda akan diarahkan pada halaman berikutnya.

5. ijinkan koneksi jaringan melalui internet.

Setelah mengklik next maka Pada halaman berikutnya centang “throught the Internet”. Itu berarti komputer lain atau device lain dapat terhubung ke Server VPN Windows melalui jaringan internet. di halaman ini mungkin saja anda hanya menemukan satu pilihan saja. centanglah pilihan tersebut, setelah itu anda klik “Next”.

6. Memilih protokol jaringan.

berikutnya anda akan menemui pilihan protokol jaringan yang ingin di aktifkan sebagai jalur masuk ke server VPN. Seperti contohnya di atas terdapat opsi atau pilihan “File and Printer Sharing for Microsoft Network”. 

Namun jika anda memilih tidak mau berbagi file atau printer yang terhubung ke komputer server VPN dengan Komputer klien VPN, anda dapat menonaktifkan fitur tersebut yaitu dengan tidakmencentangnya. Setelah itu kliklah “Allow Access”.

7. Konfigurasi Server VPN Windows 10 Sukses

Jika anda sudah mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, sudah pasti Windows akan melakukan konfigurasi VPN dan akan menampilkan informasi kalau VPN sudah siap untuk di pakai. 

Umumnya, proses konfigurasiini hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama,namun hal itu tergantung spesifikasi komputer yang anda gunakan sebagai server VPN.

8. Seting VPN Client PPTP pada komputer klien

Setelah konfigurasi selesai, Server VPN yang anda buat sudah bisa di gunakan. Langkah berikutnya anda hanya melakukan setingan VPN Client PPTP pada komputer klien yang akan dihubungkan ke Server VPN.

Kembali ke jendela "VPN" di "Pengaturan" dan Anda akan melihat koneksi VPN yang baru ditambahkan.Untuk terhubung ke server VPN, klik koneksi VPN yang baru dibuat, kemudian klik "Hubungkan".Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang sesuai, lalu klik "OK" untuk memulai koneksi VPN.

Itulah beberapa langkah untuk membuat dan menggunakan VPN semoga bermanfaat.

Posting Komentar
Archive