Scroll untuk melanjutkan membaca
7 Aplikasi untuk membuat video pembelajaran di HP

7 Aplikasi untuk membuat video pembelajaran di HP

7 Aplikasi untuk membuat video pembelajaran di HP

Aplikasi untuk membuat video pembelajaran di hp - Video pembelajaran adalah video yang dirancang untuk mengajarkan atau mendemonstrasikan suatu konsep atau topik tertentu kepada penonton yang ingin belajar. Video pembelajaran dapat digunakan di kelas sebagai alat bantu mengajar atau dapat diakses secara online untuk pembelajaran jarak jauh.

Video pembelajaran dapat berupa video animasi, video klip pendek, atau video dokumenter yang menunjukkan cara melakukan sesuatu, menjelaskan konsep atau teori tertentu, atau memberikan informasi dan pengetahuan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Video pembelajaran dapat disajikan dalam berbagai gaya dan format, tergantung pada topik dan tujuan pembelajaran. Video pembelajaran yang efektif harus didesain dengan baik dan memperhatikan audiens dan tujuan pembelajaran.

Selain itu, video pembelajaran yang baik harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami, grafis dan animasi yang menarik, dan konten yang informatif dan relevan.

Aplikasi untuk membuat video animasi pembelajaran di hp

Berikut adalah beberapa aplikasi untuk membuat video pembelajaran di ponsel:

1. Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush adalah aplikasi editing video all-in-one yang mudah digunakan dan cocok untuk membuat video pendidikan di ponsel.

2. InShot

InShot adalah aplikasi pengeditan video dan foto yang dapat membantu Anda membuat video pendidikan dengan berbagai fitur seperti musik, teks, filter, dan efek transisi.

3. Animaker

Animaker adalah aplikasi animasi online yang dapat digunakan untuk membuat video animasi edukatif yang menarik.

4. PowerDirector

PowerDirector adalah aplikasi pengeditan video profesional yang dapat digunakan di ponsel dan menawarkan fitur yang lengkap untuk membuat video pendidikan.

5. FilmoraGo

FilmoraGo adalah aplikasi pengeditan video populer dengan berbagai fitur untuk membuat video pendidikan seperti efek visual, suara, dan teks.

6. KineMaster

KineMaster adalah aplikasi pengeditan video profesional yang menawarkan fitur lengkap untuk membuat video pendidikan yang menarik dengan mudah.

7. VivaVideo

VivaVideo adalah aplikasi pengeditan video dan pembuat slideshow yang dapat digunakan untuk membuat video pendidikan dengan berbagai fitur dan efek.

Semua aplikasi di atas dapat diunduh di Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS.


Fungsi media video pembelajaran

Video pembelajaran memiliki berbagai fungsi dalam dunia pendidikan. Berikut adalah beberapa fungsi video pembelajaran:

1. Memudahkan Pemahaman

Video pembelajaran dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan cara visual yang lebih jelas dan menarik.

2. Meningkatkan Keterlibatan

Video pembelajaran dapat membantu siswa terlibat lebih dalam dalam pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media yang menarik dan interaktif.

3. Memberikan Akses Mudah

Video pembelajaran dapat diakses dengan mudah dari berbagai platform online, sehingga memudahkan siswa dalam mengakses bahan pembelajaran dari mana saja dan kapan saja.

4. Meningkatkan Motivasi

Video pembelajaran yang dirancang dengan baik dapat membantu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan.

5. Meningkatkan Keterampilan

Video pembelajaran dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan mereka dalam berbagai bidang, seperti keterampilan berbicara, mendengarkan, dan berpikir kritis.

6. Menghemat Waktu

Video pembelajaran dapat membantu guru menghemat waktu dalam persiapan dan pengajaran di kelas, karena bahan pembelajaran sudah tersedia dan dapat digunakan kembali.

7. Memfasilitasi Pembelajaran Jarak Jauh

Video pembelajaran dapat memfasilitasi pembelajaran jarak jauh dengan memberikan akses kepada siswa yang tidak dapat hadir di kelas secara fisik.


Cara membuat video pembelajaran yang menarik

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat video pembelajaran:

1. Tentukan topik dan tujuan pembelajaran

Langkah pertama dalam membuat video pembelajaran adalah menentukan topik yang akan dijelaskan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pastikan untuk mengidentifikasi audiens target dan gaya pembelajaran yang sesuai.

2. Buat naskah

Setelah topik dan tujuan pembelajaran ditentukan, buatlah naskah yang menggambarkan isi dan struktur video. Pastikan naskah mudah dipahami dan jelas, serta terdiri dari bagian-bagian yang terstruktur.

3. Rancang skenario visual

Setelah naskah selesai, rancang skenario visual untuk video pembelajaran. Rencanakan bagaimana setiap adegan akan direkam atau dihasilkan, termasuk penggunaan animasi, gambar, grafik, atau rekaman video.

4. Siapkan peralatan dan bahan

Persiapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti kamera atau software animasi. Siapkan juga bahan pendukung seperti gambar, grafik, atau rekaman video yang dibutuhkan dalam video.

5. Produksi video

Mulailah merekam atau menghasilkan bagian-bagian video yang diperlukan sesuai dengan skenario visual yang telah dirancang. Pastikan untuk memperhatikan cahaya, suara, dan kualitas gambar/video.

6. Edit dan pasang video

Setelah produksi selesai, edit dan pasanglah video sesuai dengan naskah dan skenario visual yang telah ditentukan. Tambahkan musik, suara narasi, teks, dan efek transisi yang diperlukan.

7. Review dan publikasikan

Setelah video selesai diedit, tinjau dan evaluasi video untuk memastikan semua tujuan pembelajaran tercapai. Jika video telah disetujui, publikasikan video pembelajaran tersebut di platform pembelajaran yang sesuai seperti YouTube atau platform pembelajaran online.

Dalam membuat video pembelajaran, pastikan untuk mempertimbangkan gaya pembelajaran, target audiens, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, serta memastikan kualitas produksi yang baik.

2 komentar
  1. Rifaldi Sulaiman
    Semangat abangku
Archive